Cinta Menari di atas Awan Putih

       Unsur utama yang paling penting dalam tarian adalah gerak ekspresi tubuh manusia secara berirama yang dilakukan di suatu tempat dan waktu. Tari sendiri mempunyai arti keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan gerak tubuh dan didampingi oleh nilai estetika.
Bukan berarti gerakan senam, berlari, berjalan dan gerakan sehari-hari merupakan gerakan tarian.  Menurut jenis-jenisnya, tarian dapat dibedakan menjadi:
       a. Tari rakyat
       b. Tari klasik 
       c. Tari kreasi baru

Sedangkan tarian juga digolongkan jenisnya berdasarkan koreografinya, diantaranya adalah: 
       a. Tari tunggal (solo): Tarian yang diperagakan oleh seorang penari saja., baik laki-laki maupun perempuan.
       b. Tari berpasangan (duet/pas de duex): Tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan.
       c. Tari kelompok (Group choreography): Tari yang diperagakan oleh dua orang atau lebih

Banyak orang berpendapat bahwa tarian itu merupakan suatu tindakan yang kurang menarik. Apalagi jika seorang laki-laki ikut menari, mungkin banyak orang akan berkata  bahwa laki-laki tersebut kurang jantan. Tetapi jangan salah teman, tarian bukan hanya sebuah gerakan yang lemah lembut tetapi juga ada gerakan tarian yang tak beraturan. Tengok saja break dance dan beberapa kawan-kawannya. Kebanyakan dancer break dance mayoritas adalah kaum adam. Yah, mungkin ada beberapa kaum hawa ikut serta dalam gerakan break dance.  Di era sekarang ini, tarian bukanlah menjadi barang yang tabu untuk didengar oleh kalangan masyarakat khususnya anak muda. 




         "Saat kamu menari, menarilah dengan seluruh sel yang ada di dalam tubuhmu" 



       Masih seputar tentang tarian. Di postingan saya kali ini, saya akan menulis tentang tarian profetik. Sebelumnya apakah saudara sudah pernah mendengar tentang tarian profetik? Kata profetik di dalam bahasa Inggris sendiri adalah propethical yang memiliki makna Kenabian atau sifat yang ada di dalam diri seorang nabi. 
Ada juga yang mengartikan profetik itu berasal dari kata prophecy yang artinya nubuatan. Pelayanan profetik merupakan pelayanan supranatural dari sebuah gereja. Jadi setelah profetik, ada jawatan yang lebih tinggi kedudukannya yaitu apostolik. Saya tak akan membahas apolostik terlalu jauh lagi. Karena postingan ini seharusnya memang seputar tentang tarian profetik. 
       Tarian profetik adalah tarian yang memiliki kuasa yang intinya menyampaikan isi hati-Nya sendiri. Tuhan seringkali menyampaikan pesan-Nya dapat melalui apa saja. Bisa melalui pembacaan Firman Tuhan, bisa melalui mendengarkan khotbah-khotbah bahkan pesan Tuhan juga bisa melalui tari-tarian. Banyak hal cara Tuhan berkomunikasi dengan anak-anak-Nya. Tidak hanya diam di kamar dan merenung saja, tetapi dari semua kejadian yang manusia alami, Tuhan dapat mengutarakan apa yang Ia mau.  




"Pujilah Dia dengan rebana dan tari-tarian, pujilah Dia dengan permainan kecapi dan seruling"  (Mazmur 150:4)




Di dalam tari-tarian, kita pasti mengetahui banyak sekali alat-alat yang sering dipakai dalam pujian penyembahan. Selain memperindah dan mendukung cita rasa seni, juga membuat hidup tarian tersebut. Sehingga saat penari menari, maka gairah akan pesan Tuhan dapat diartikan dengan mudah oleh jemaat. Ada banyak sekali alat-alat untuk mendukung tarian Tuhan. Mungkin sampai sekarang ini, masih ada beberapa alat-alat yang belum diketahui. Tugas kitalah untuk mengembangkan dan mencarinya. Beberapa alat-alat tersebut ialah:


  1. Tamborin
      Tamborin atau rebana salah satu jenis alat musik yang berbentuk bundar dan ada juga yang berbentuk bulan sabit. Alat musik jenis ini bahan dasarnya menggunakan kulit binatang ataupun bahan hologram. Biasanya, kebanyakan penari di zaman sekarang ini mempergunakan tamborin yang berbentuk bundar dan berhologram.
Tamborin merupakan alat musik yang menyukakan hati Tuhan. Hal ini bisa diperkuat dengan adanya ayat-ayat di Alkitab yang menulis banyak sekali tentang tamborin/rebana. Alkitab mencatat, bahwa tamborin tidak pernah lepas dari kehidupan bangsa Israel. Di bawah ini, ada beberapa ayat yang sedikit saya temukan tentang tamborin. 

   * Kejadian 31:27, Mengapa engkau lari diam-diam dan mengakali aku? Mengapa engkau tidak memberitahu kepadaku, supaya aku menghantarkan engkau dengan sukacita dan nyanyian dengan rebana dan kecapi?
   *Keluaran 15:20, Lalu Miryam, nabiah itu, saudara perempuan Harun, mengambil rebana di tangannya, dan tampillah semua perempuan mengikutinya memukul rebana serta menari-nari.
   *1 Samuel 10:5, Sesudah itu engkau akan sampai ke Gibea Allah, tempat kedudukan pasukan orang Filistin. Dan apabila engkau masuk kota, engkau akan berjumpa di sana dengan serombongan nabi, yang turun dari bukit pengorbanan dengan gambus, rebana, suling dan kecapi di depan mereka; mereka sendiri akan kepenuhan seperti nabi.
   *2 Samuel 6:5, Daud dan seluruh kaum Israel menari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian, kecapi, gambus, rebana, kelentung dan ceracap.


Dalam ayat-ayat di atas, menandakan bahwa tamborin digunakan untuk memuji nama Tuhan bahkan untuk mengagungkan nama-Nya. Barangsiapa menari dengan tamborin, ia menari dengan sukacita dan merayakan kemenangan atas kuasa iblis. Karena setiap pukulan suara gemerincing tamborin yang kita pukul, membuat telinga iblis luluh lantak.


  2. Selendang
      Bukan sekedar aksesoris ataupun hiasan. Setiap alat yang dipakai di dalam tarian profetis mempunyai arti tersendiri. Selendang merupakan tudung kepala atau urapan jubah yang baru. 

    * Yehezkiel 16:10, Aku menggunakan pakaian berwarna-warna kepadamu dan memberikan engkausandal dari kulit lumba-lumba dan tutup kepala dari lenan halus dan selendang dari sutera.
    *Rut 3:15, Lagi katanya: "Berikanlah selendang yang engkau pakai itu dan tadahkanlah itu." Lalu ditadahkannya selendang itu. Kemudian ditakarnyalah enam jelai ke dalam selendang itu. Sesudah itu pergilah Boas ke kota.


  3. Bunga
      Tarian yang memakai bunga merupakan tarian yang melambangkan bahwa hidup kita selalu bermekaran setiap harinya, memiliki keharuman yang menyenangkan hati-Nya Tuhan dan sebagai taman rahasia-Nya Tuhan sendiri untuk bertemu mempelai-Nya.
Bunga juga berkata tentang persembahan yang romantis. Jadi hidup bersama Tuhan itu tidak kaku, karena dibumbui dengan ukupan yang sangat mempesona.

   *Kidung Agung 7:12, Mari kita pergi pagi-pagi ke kebun anggur dan melihat apakah pohon anggur sudah berkuncup, apakah sudah mekar bunganya, apakah pohon-pohon delima sudah berbunga! Di sanalah aku akan memberikan cintaku padamu.


  4.  Flower Ring/lidah api
       Ring atau cincin adalah tanda bahwa 2 orang mempunyai ikatan/hubungan. Secara profetik, cincin juga merupakan tanda pemeteraian dan otoritas yang sudah Tuhan berikan. Selain itu, flower ring juga mempunyai arti bahwa siapa saja yang menari dengan memakai flower ring, ia akan terikat atau mengalami satu-kesatuan. Tak jarang penari yang memakai flower ring pasti kelompok yang menari lebih dari 1 orang.


    *Kejadian 41:42, Sesudah itu Firaun menanggalkan cincin meterainya dari jarinya dan mengenakannya pada jari Yusuf; dipakaikannyalah kepada Yusuf pakaian daripada kain halus dan digantungkannya kalung emas pada lehernya.


  5. Twirling
      Twirling merupakan alat tari yang berbentuk kain panjang yang dimainkan dengan menggunakan tongkat pendek dan tipis (diameter antara 0,5 cm). Twirling akan sering dimainkan jika ada perayaan pesta akan kemenangan yang telah dicapai. Alat ini juga mempunyai maksud profetiknya, yaitu aliran atmosfir Tuhan yang memberi semangat kegerakan yang tidak terhentikan.  (Mazmur 133:1-3)


   6. Kipas
       adalah pembangkit semangat. Seperti tertulis di 2 Timotius 1:6 dan Roma 12:11 .

   7. Pedang dan perisai
       Pedang dan perisaI berkata tentang attack dan defense. Dalam kehidupan sehari-hari, keseimbangan sangat diperlukan untuk mencapaI hidup yang diperkenan Tuhan. Contoh mudahnya yaitu, jangan hanya hebat di rohani saja, tetapi Tuhan mau kalau setiap anak-anak-Nya juga hebat di kehidupan jasmani. Ingat! Manusia masih hidup di dalam daging dan juga roh.  Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan pedang dan perisai tersebut? Gampang sekali, yaitu membaca Firman.
Firman Tuhan sendiri merupakan pedang bermata dua (Wahyu 1:16 , 2:12)
Pedang dan perisai juga merupakan alat perlengkapan perang. Setiap orang percaya, ia juga harus berperang melawan kuasa kegelapan dan bukan melawan darah dan daging (Efesus 6:12)


   8. Arrow(anak panah)
       Memegang arrow harus siap dan tepat sasaran. Setiap tembakan anak panah yang tepat harus diperlukan pembacaan Firman yang rutin, kepekaan, dan harus bisa menguasai medan perang. Tanpa penguasaan yang memadai, arrow akan meleset dari sasaran. Jadi pemegang arrow harus tahu dimana saatnya ia menembakkan dan dimana saatnya ia membidik musuh.


   *Mazmur 127:4, Seperti anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa mudanya.


   9. Bokor
       Bokor atau cawan dapat digunakan dalam tari-tarian sebagai tindakan pentahiran. Bokor juga berperan sebagai tempat ukupan wangi-wangian untuk menyegarkan ruangan guna menyambut Tuhan sehingga Tuhan disenangkan dengan persembahan yang harum.


    *2 Tawarikh 2:4, Ketahuilah, aku hendak mendirikan sebuah rumah bagi nama Tuhan, Allahku, untuk menguduskan bagi Dia, supaya di hadapan-Nya dibakar ukupan dari wangi-wangian, tetap diatur roti sajian dan dipersembahkan korban bakaran pada waktu pagi dan pada waktu petang, pada hari-hari sabat dan bulan-bulan baru, dan pada perayaan-perayaan yang ditetapkan Tuhan, Allah kami, sebab semuanya itu adalah kewajiban orang Israel untuk selama-lamanya. 


   10. Banner
          Banner merupakan panji-panji Tuhan yang dikibarkan. Setiap banner memiliki gambar masing-masing. Tergantung jenis banner itu dipakai. Sebagai contoh, banner otoriras, banner 4 wajah, banner api, banner kekudusan, banner gelora cinta, dll. Penari banner identik berada di posisi depan. Hal ini dikarenakan bahwa banner merupakan tanda bahwa Tuhan ikut beserta bersama-sama kita. 
Banner juga merupakan identitas dari sebuah kelompok atau pasukan sehingga setiap divisi pasukan mempunyai banner masing-masing.  


   *Bilangan 1:52, Orang Israel haruslah berkemah masing-masing di tempat perkemahannya dan masing-masing dekat panji-panjinya, menurut pasukan mereka.

   *Mazmur 20:6, Aku mau bersorak-sorak tentang kemenanganmu dan mengangkat panji-panji demi nama Allah kita; kiranya Tuhan memenuhi segala permintaanmu.


   11. Tongkat
          Tongkat merupakan lambang otoritas. Musa yang memimpin bangsa Israel keluar dari tanah Mesir pun memakai tongkat. 
Dengan memakai tongkat otoritas, ia dapat menduduki wilayah kekuasaan musuh.


    * Kejadian 49:10, Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.




 "Hidup itu seperti musik yang penuh dengan banyak melodi dan melodi itulah yang mebuat manusia terus bergerak" 




  
       Pada saat kita melakukan tarian profetik, percaya saja bahwa di alam roh sedang terjadi sesuatu. Lakukan tarian tersebut dengan segenap hidupmu dan suatu saat nanti, setiap apa yang ditarikan benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata. Panggilan sebagai penari merupakan panggilan yang tidak mudah. Ada banyak tantangan yang harus dilewati. Di mulai dari jalan yang halus hingga jalan yang penuh batu kerikil.
Jangan panik dan jangan ragu, karena Tuhan telah menjamin setiap hidup kita. Firman Tuhan berkata, bahwa Ia mencari penyembah-penyembah yang menyembah-Nya dengan roh dan kebenaran. 
       Bawa setiap persembahan tubuhmu didalam tarian dengan membawa api yang kudus dan bukan api yang asing. Maksudnya, api asing adalah spirit yang ingin tampil atau sebagai tarian untuk menunjukkan identitasnya. Banyak penari Tuhan sering jatuh di zona ini. Maka berhati-hatilah dengan panah si jahat. Bedanya penari Tuhan dengan penari dunia adalah urapan dan motivasinya. Penari dunia menonjolkan hidupnya dengan kesombongan, tetapi penari Tuhan menari dengan kerendahan hati untuk keagungan Tuhan saja dan tak ada maksud terselebung, sehingga setiap sel pun ikut merasakan bahwa tarian Tuhan benar-benar hidup. Mencuri kemuliaan Tuhan sama saja dengan memberi makan bayi dengan nasi.
Terus apakah hanya urapan saja yang diandalkan? Sekali lagi tidak. Seperti ada tertulis di 2 Petrus 1:5, "Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu, kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan."
Jadi teruslah berusaha untuk mengembangkan setiap talentamu sebagai penari. Ketika kerajinanmu kendor, ingatlah bahwa hidup seperti melodi yang mengetuk-ngetuk pintu hatimu. 
Tuhan memberkati

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kingdom of Heaven. Powered by Blogger.

Translate

Popular Posts

Freedom Life

Firman Menjadi Daging, Mimpi Menjadi Nyata

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

through it, you can donate

KNPCloth