Patah Hati + Sakit Hati = Sampah Hidup

    Mengenal cinta asmara berarti juga mengenal yang namanya sakit hati ataupun patah hati. Tak jarang seseorang yang kemarin baru saja jatuh cinta, beberapa hari kemudian mengalami yang namanya putus cinta. Putus cinta memanglah sangat menyakitkan. Tetapi lebih baik putus cinta di saat pacaran daripada putus cinta di saat sudah menikah. Putus cinta memang menjadi bagian yang sangat sulit untuk dilewati seseorang. Namun putus cinta bukanlah menjadi alasan sobat untuk terus terpuruk di dalam kesedihan. Di balik semua ini, Tuhan tetap selalu ada di samping sobat. Tuhan rindu menguatkan dan menghibur sobat. 
    Terkadang manusia sendiri tidak peka dengan kehadiran Tuhan. Mengapa? Karena kebanyakan manusia ketika sudah putus cinta, menganggap semuanya berakhir. 
Untuk itu, hal yang perlu sangat diingat ketika sedang putus cinta yaitu jangan pernah biarkan rasa itu menyerang sistem kerja otak, sehingga membuat seseorang kehilangan akal sehat dan menyiksa dirinya sendiri. Sebab sesungguhnya masih banyak hal yang perlu sobat lakukan daripada harus memikirkan masa yang sudah berlalu. Menurut James Thurber, "Jangan lihat masa lampau dengan penyesalan dan jangan pula lihat masa depan dengan ketakutan. Tetapi lihatlah sekitar anda dengan penuh kesadaran".
Beberapa cara di bawah ini, mungkin bisa membantu sobat untuk melupakan patah hati karena putus cinta, diantaranya:
      1. Bersyukur atas apa yang terjadi
          Memang sulit untuk mengucap syukur di kala sedang mengalami putus cinta. Tetapi tidak ada salahnya jika ucapan syukur itu diselipkan di dalam sebuah doa.
      2. Relakan kepergiannya
          Menangisi akan semua yang terjadi memang tak akan membuatnya kembali. Tetapi merelakannya merupakan hal yang harus dilakukan. Jika tidak merelakannya, rasa sakit hati akan terus datang menghantui. Karena cinta itu seperti art yang indah dan mempesona maka berbahagialah orang yang pernah melihatnya walaupun itu tak abadi.
      3. Menyimpan semuanya di dalam kotak
          Simpan semua benda yang berhubungan dengan dia. Kalau bisa, jauhkan semuanya dari tempat dimana kita tak bisa melihatnya lagi. Entah itu foto kenangan atau benda-benda yang pernah dia beri untukmu.
      4. Lakukan segala hal yang pernah ia larang
          Melakukan segalanya yang pernah ia larang di dalam hidupmu tetapi selama itu bernilai positif. Misalnya jika dulu ia pernah melarang untuk potong rambut pendek, mulai sekarang panjangkan rambutmu. Tetapi panjangnya jangan sampai bawah lutut ya, karena kalau itu malah menakutkan dan berlebihan. 
      5. Hindari menyendiri
          Bukan saatnya lagi menyendiri di tempat yang sunyi senyap bahkan sampai di tempat yang tak ada tanda-tanda kehidupan. Karena dengan bertindak seperti itu, akan sangat sulit untuk melupakan sakit hati. Lebih baik berkumpul bersama teman/keluarga atau pergi refreshing ke suatu tempat, misalnya mall atau pasar hewan (bagi yang pecinta hewan). 
      6. Lakukan hal menyenangkan
          Di saat sudah lelah dengan semuanya, kini saatnya membuat kegiatan yang membuat sobat happy. Hal ini dilakukan karena menghindari yang namanya melamun. Jika seseorang sudah melamun, maka gambaran tentang sang mantan akan terlintas di depan sobat tanpa permisi. Misalkan kegiatan yang akan sobat lakukan yaitu main billiard, lari keliling komplek dan bagi yang suka dengan makan, lebih baik cari makanan yang murah, enak dan mengenyangkan (hikmat untuk hemat).
      7. Berjalan dengan iman
          Tetaplah percaya kepada Tuhan kalau Dia akan memberi seseorang yang terbaik untuk sobat. Bisa jadi, sobat mengalami putus cinta karena sebelum berpacaran tak pernah bertanya kepada Tuhan. Tetapi tenang saja, Tuhan pasti menyediakan orang lebih spesial untuk sobat. 

    Memang berat untuk mengungkapkan semuanya dalam sebuah kata-kata. Sangat sulit dipercaya ketika pasangan yang dikagumi pergi begitu saja. Semuanya menimbulkan sakit hati yang terdalam. Walaupun putus cinta merupakan sebuah penyakit dalam, tetapi jangan salah sob, sakit jantung yang separah apapun bisa sembuh dengan ajaib, apalagi hanya sakit hati. Lagi pula, kita punya dokter yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit, Dialah Tabib Agung. Mazmur 34:19 berkata, "Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya". 

Cukup sampai di sini saja kata putus cinta melanda. Cinta itu bukanlah paksaan dan tidak dapat dibujuk atau digoda. Tetapi cinta muncul dari Surga tanpa topeng dan tanpa dicari. Sekarang bukan saatnya lagi memikirkan hal seperti itu karena sudah waktunya lawatan besar melanda negeri ini. Tuhan rindu akan negeri ini mengalami lawatan yang besar dan menghapuskan segala macam sakit hati bahkan yang remuk hati. Tetaplah teguh dalam iman dan katakan dengan berteriak, "GOD IS GOOD!!!!!!!!!!!"


(Sumber gambar : dreamstime.com)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kingdom of Heaven. Powered by Blogger.

Translate

Popular Posts

Freedom Life

Firman Menjadi Daging, Mimpi Menjadi Nyata

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

through it, you can donate

KNPCloth