Jangan Bawa Mobil ke Jogja

    Siapa yang tak mengenal Jogja? Bagi orang Indonesia, Kota Jogja sudah tak asing lagi di telinga. Kota yang berada di Pulau Jawa dan memiliki banyak kebudayaan, memiliki banyak kenangan indah yang tak terlupakan. Sebelum Indonesia merdeka, Jogja atau Yogyakarta mempunyai nama tersendiri yaitu Zelfbestuurlandschappen/Daerah Swapraja yang artinya Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman. Bahkan sampai teristimewanya, Jogja menjadi kota yang istimewa di Indonesia.
    Jangan heran sob, jika melihat tembok Jogja penuh gambar graffiti yang beraneka ragam, mewarnai Kota Jogja. Sepeda klasikpun tak mau kalah dengan keberadaannya, sehingga di Jogja setiap pencinta sepeda klasik mempunyai club tersendiri. Angkringan khas Jogja juga tak mau ketinggalan sob. Angkringan tersebut menyediakan makanan yang sangat spesial, yaitu sego kucing ,wedhang jahe dan makanan khas lainnya.
     Ketika kehidupan semakin maju, peradaban manusia juga melaju dengan cepat. Jalan raya yang dulunya sepi, kini berevolusi menjadi jalan yang penuh misteri. Merubah setiap sepeda kayuh menjadi sepeda motor. Dimulai dari sepeda motor inilah, Jogja dipenuhi monster-monster mobil. Coba sobat bayangkan, jika Jogjakarta dipenuhi dengan banyaknya mobil, apa yang akan terjadi sob? Tentunya terjadi kemacetan dimana-mana. Apalagi jika mobil itu berasal dari luar Jogja sob, pastinya ngeselin banget. Gimana gak ngeselin sob, Jogja yang hanya kota kecil dipenuhi mobil, serasa hidup di zaman Dinosaurus. Udah bikin macet, menimbulkan banyak polusi dan membuat pencemaran. 
    Akibat yang dilakukan Big Monster ini, tak berbeda jauh dengan pencemaran di sungai-sungai yang bikin banjir. Andaikan alam sudah berkata, "Jika aku sudah mulai tak bersahabat, manusia harus siap menerima deritanya". 
Jika alam sudah berkata seperti itu, apa yang harus kita lakukan sob? Menangis, memohon atau bahkan meminta? Tak bisa berbuat banyak jika alam sudah marah. Dengan merusak alam sekitar berarti manusia merusak dirinya sendiri, karena manusia termasuk bagian dari alam. 
   Sudahlah, jangan bawa mobil masuk Jogja lagi. Kendaraan yang bikin polusi di Jogja sudah banyak, jangan menambah banyaknya kendaraan yang tak ramah lingkungan.
Sekarang bukan zamannya lagi mobil dan motor untuk bergaya. Bukan zamannya lagi bersaing siapa yang palin keren, tetapi sekarang ini saatnya berpikir bagaimana menjaganya supaya tetap lestari. Jogjakarta menciptakan kota yang ramah lingkungan dan bersahabat, bukan malah menghancurkan. Jogja kota kami sob, hargai jerih payah untuk tetap merawatnya sampai anak cucu kami. Biarkan Jogja tetap ijo royo-royo (hijau segar). 
Sekali lagi, JANGAN BAWA MOBIL KE JOGJA!!!!



(Sumber inspirasi : Revive Band)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kingdom of Heaven. Powered by Blogger.

Translate

Popular Posts

Freedom Life

Firman Menjadi Daging, Mimpi Menjadi Nyata

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

through it, you can donate

KNPCloth