PHP (Pemberi Harapan Palsu)

    Pemberi harapan palsu (PHP) pasti sudah tak asing lagi untuk didengar. Dari kata-katanya, apa sebenarnya maksud dari PHP itu sendiri? PHP biasanya dihubungkan dengan sebuah hubungan lawan jenis yang dimana status mereka belum jelas atau hubungan yang digantungkan. Sungguh tak bisa dipungkiri lagi jika anak muda sering memakai kata-kata ini untuk mengungkapkan perasaan mereka. Sebenarnya sob, PHP itu relatif, maksudnya setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Hasil survey yang saya lakukan tentang PHP di area dimana saya berada, mereka menganggap bahwa PHP merupakan tindakkan care pada sebuah hubungan yang belum mempunyai status pacaran. 
    Sebuah tindakan perhatian yang dilakukan oleh sepasang lawjen(lawan jenis), salah satu dari pihak memberi perhatian lebih kepada pihak yang lain. Contoh ilustrasinya seperti ini. Ada seorang laki-laki yang bernama A dan seorang gadis bernama B. Pertemuan awal mereka pertama kali karena tidak kesengajaan. Akhirnya mereka saling berkenalan dan saling bertukar nomor hape. Tak lama kemudian, mereka saling berhubungan, entah melalui via sms atau bertemu langsung. Menurut si A, ia perhatian kepada si B karena memang tak ada maksud apa-apa. Si A hanya menganggap itu hal yang wajar dan sering ia lakukan juga dengan teman-temannya yang lain. Lain pendapat yang dirasakan oleh si B. Ia merasa perhatian itu lebih dan ia sangat berharap kalau si A, bakal menyatakan cinta untuknya. Tetapi kenyataannya, si A hanya menyatakan sebuah perhatian saja, tidak ada maksud untuk hubungan lebih dalam. Dari hal inilah, si B merasa diPHP'in. Merasa si A tak serius dengannya, tetapi memang dari awalnya dia hanya sebatas perhatian saja kan?  Masalah inilah yang membuat kata-kata PHP menjadi trend di kalangan anak muda. Menurut ilustrasi di atas, sudah terbukti bahwa PHP itu relatif dari mana sudut itu dipandang. 
    Tak ada pihak yang salah dalam urusan PHP. Tetapi juga bukan berarti semuanya benar. Memang terkadang orang lebih suka diperhatikan. Melalui perhatian inilah timbul yang namanya cinta. Cinta berawal dari komunikasi yang sederhana dan berakhir dengan kata-kata mesra. Ada pepatah Jawa yang mengatakan, "Trisna jalaran saka kulina" yang artinya cinta berawal dari kebiasaan dimana kebiasaan itu terjadi karena sebuah perhatian. 
    Tidak salah juga, jika seseorang menaruh harapan kepada orang lain. Menurut Pliny the Elder, "Harapan adalah tiang yang menyangga dunia". Sebenarnya orang yang ditaruh harapannya oleh seseorang, berarti orang itu sangat spesial. Semua harapan akan indah jika semuanya dimulai dengan harapan yang indah juga. Jangan hanya dimulai saja, tetapi juga harus diakhiri dengan sebuah hasil yang indah. Karena di dalam kehidupan ini, dimana ada awal, berarti di situ juga ada akhir. Menurut Clifford Warren, "MULAI adalah kata yang penuh kekuatan. Cara yang terbaik untuk menyelesaikan sesuatu adalah MULAI. Tapi juga mengherankan, pekerjaan apa yang dapat kita selesaikan kalau kita hanya memulainya".
    Butuh kebijakan dalam setiap perkara. Menjadi pribadi yang bijak, berarti harus mengetahui apa yang harus dihindari dan apa yang harus diberikan perhatian penuh. Karena itulah, setiap tindakan harus diawali dengan doa. Melalui doalah, sebuah hikmat akan Tuhan berikan kepada orang yang memintanya. Contohnya mudah saja, jika ada seseorang yang menaruh perasaan kepadamu, engkau menanggapinya dengan baik. Tanggapan itulah yang membuat suatu celah dimana perasaan sukanya semakin bertambah. Tetapi dari lain pihak, dirimu hanya ingin memanfaatkan setiap perhatiannya saja. Hal inilah salah satu yang membuat PHP muncul.
Ada beberapa tanda gebetan yang memberi harapan palsu seperti yang dikutip All Women Stalk, yaitu:
      1. Flirting
          Apakah dirimu suka menggoda dia? Jika iya, berhati-hatilah. Sebab godaan itu bisa dianggap perhatian khusus bagi seseorang, walaupun sebenarnya sobat tidak bermaksud seperti demikian.
      2. Terlalu baik
          Bedakan sikap untuk berusaha ramah dan terlalu baik. Terkadang seseorang salah dalam mengartikan kebaikan dengan perasaan khusus. Jadi jangan terlalu baik jika sobat tak mau disebut pemberi harapan palsu.
      3. Pilih kasih
          Bayangkan jika sobat sedang berkumpul bersama teman-teman. Namun sobat cenderung dekat pada satu orang saja dan menunjukkan pilih kasih. Hal inilah salah satu tanda bahwa sobat adalah seorang PHP.
      4. Cerita soal hubungan asmara
          Seberapa detail sobat menceritakan kehidupan asmara pada dia? Jika sobat sering mengeluh tentang mantan dan terlau terbuka soal pasangan idaman, dia bisa saja menganggap sobat mempunyai ketertarikan dengannya.
      5. Suka menyentuh
          Salah satu trik flirting atau menggoda adalah menyentuh bagian tubuh lawan jenis. Misalnya saja rambut, lengan, atau tangan. Hindari kontak fisik seperti ini, kalau sobat tidak mau dijuluki sang PHP. 
      6. Diberi barang
          Sering menerima pemberian barang darinya juga bukan keputusan yang bijak. Sebab artinya jika sobat mau menerima barang darinya, suatu saat nanti sobat juga mau menerima perasaannya. Padahal sebenarnya sobat tidak menginginkannya.
      7. Bergantung
          Terakhir, jika sobat terlalu bergantung pada seseorang, sobat akan dianggap sebagai sang PHP. Jadi lakukan apa yang sobat bisa lakukan dengan kekuatan sendiri daripada harus bergantung pada orang lain.

Itulah tanda-tanda dari sang PHP. Jadi untuk yang merasa sang PHP, janganlah melakukan suatu tindakan dimana tindakan itu bisa membuat perpecahan. Semuanya kembali dengan sebuah hikmat. Melalui hikmatlah, pikiran yang benar-benar matang akan terwujud. Seperti tertulis di Amsal 3:13-14, "Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian, karena keuntungannya melebihi keuntungan perak dan hasilnya melebihi emas."
Utamakan untuk selalu mengandalkan hikmat dari Tuhan, karena dengan hikmatNya segala yang baik akan tercurah.
God bless you all




(Sumber gambar: leloveimage.blogspot.com)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kingdom of Heaven. Powered by Blogger.

Translate

Popular Posts

Freedom Life

Firman Menjadi Daging, Mimpi Menjadi Nyata

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

through it, you can donate

KNPCloth